Teruslah berjalan dalam kebenaran walau itu adalah penyebab kematianmu!!

Sabtu, 17 Maret 2012

BE TRUSTWORTHY


Melalui Firman Tuhan hari ini, kita mau belajar lebih lagi sehingga dapat menjadi orang-orang kepercayaan Tuhan untuk menyatakan rencana-Nya dan Kerajaan-Nya didunia ini. Lukas 19:11-27, terdapat 10 orang hamba yang menerima mina dari tuannya yaitu seorang bangsawan yang akan diangkat sebagai raja dinegeri lain. Melihat status sang bangsawan yang kaya raya, pastinya ia mempunyai banyak pegawai, tetapi hanya 10 saja yang dipanggil untuk dipercayakan 1 mina setiap orangnya. Perkataan trustworthy apabila dilihat dilihat dalam kamus Suryadaminta  adalah kata sifat.

Dalam menjalankan bisnis/kehidupan ini, selain dapat dipercaya, harus ada: networking (kerjasama), intelegence (bisnis/hidup harus cerdas ) iq, eq dan sq diperhatikan, struggle (jangan mudah menyerah, ada perjuangannya). Kita harus dapat mempertanggungjawabkan setiap bakat, rencana Tuhan, dan setiap potensi Ilahi yang tuhan telah tanamkan dalam kehidupan kita.
Ada 3 jenis orang Kristen didunia ini :
1. Percaya kepada Tuhan
2. Dapat dipercaya Tuhan
3. Orang kepercayaannya Tuhan. Kita akan melihat lebih jauh lagi dari Firman yang telah kita baca. 

Dari 10 orang hamba yang kembali kepada tuannya ada 3 orang, 1.Hamba ke-1, dari 1 mina dihasilkan 10 mina, hamba tersebut mendapatkan kepercayaan atas 10 kota, dan karena hal itu juga ia mendapatkan tambahan 1 mina lagi dari hamba ke-3 yang tidak menghasilkan apa-apa. Hamba ke-1, yang pertama datang kepada tuannya dengan penuh antusiasme, memiliki passion atas kepercayaan yang tuannya berikan. Dipuji oleh tuannya, mendapat tanggung jawab yang baru, dimana hal tersebut melebihi (beyond) dari hasil melipat gandakan mina. Bahkan apabila kita melihat lebih lagi, tidak disangkal bahwa kemungkinan hamba ke-1 tersebut diangkat menjadi raja yang berikutnya, karena besar kekuasaannya, oleh karena tanggung jawab yang luar biasa atas mina tuannya. Kita sebagai putra,putri Kerajaan Allah juga harus memiliki gairah terhadap Tuhan dan apa yang Tuhan sudah percayakan kepada kita. Dia telah memberikan yang terbaik bagi kita dengan totalitas-Nya memberikan nyawa-Nya bagi kita, kita pun memberikan yang terbaik kepada-Nya, bukan yang biasa-biasa.

2. Hamba ke-2, dari 1 mina dihasilkan 5 mina, dan mendapatkan upah 5 kota. Lawan dari orang yang penuh gairah dan beri yang terbaik adalah mentalitas mediokritas, mentalitas biasa-biasa saja, cukup saja, tidak usah memberi yang lebih. Ingat akan nilai-nilai gereja kita, LIGHT ( Loyality = kesetiaan, terhadap pemimpin, pasangan hidup, rekan sekerja, sesama kita. Integrity = integritas, hidup unggul, yang tidak dilihat manusia, dilihat Tuhan. Generosity = murah hati. Humility = rendah hati dan tidak sombong. Truth = Hidup dalam kebenaran.

3. Hamba ke-3, 1 mina tidak diusahakan, hanya disimpan dalam sapu tangan. Hamba ini malas, salah menilai pemimpinnya dengan asumsinya yang negative. Ada 2 virus yang menghancurkan hubungan dengan sesama karena berpikir yang negative, 1. stereotype, menyamaratakan 2. parataksis, hal yang pribadi dibuat menjadi umum. Berpikirlah apa yang baik, terhadap sesama kita, terutama pemimpin kita dan lihat hasil kesetiaan kita pasti ada upahnya bahkan hadiahnya dari Tuhan. Karena tidak bertanggung jawab maka mina yang diberikan oleh tuannya itu diberikan kepada hamba yang menghasilkan mina paling banyak. Disaat kita tidak mengusahakan talenta yang Tuhan berikan kepada kita, maka Tuhan akan mengambilnya dari kita dan diberikan kepada orang kepercayaan-Nya.

Ketiga hamba dengan modal awal yang sama tetapi membawa hasil yang berbeda, mendapatkan upah yang berbeda juga. Marilah setiap dari kita menjadi orang kepercayaan-Nya dengan  hidup berserah kepada Tuhan untuk menjadi alat yang digunakan olehNya, mohon petunjuk dan jalan-Nya sehingga kita dapat memaksimalkan talenta yang Tuhan berikan atas hidup kita, hidup sesuai kehendak-Nya dan menyatakan Kerajaan Allah dimanapun kita berada.

-PS.RONNY DAUD SIMEON-
-ROCK JAKARTA-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar