Teruslah berjalan dalam kebenaran walau itu adalah penyebab kematianmu!!

Senin, 16 Januari 2012

Anointing


PENGURAPAN


Melalui Firman yang terdapat pada Keluaran 30:23-25, kita akan melihat arti penting pengurapan dalam kehidupan kita putra, putri Kerajaan Allah. Dalam pembuatan minyak urapan, tidak sembarangan dan ada kriteria penting yang Allah sudah tetapkan. Tuhan bergerak berdasarkan aturan, minyak urapan itu begitu kudus, disaat kita diurapi dengan minyak urapan, berarti ada sesuatu yang Ilahi yang Tuhan kerjakan dalam kehidupan kita. Untuk menjadi kudus, kita butuh urapan-Nya yang memampukan kita untuk berjalan dalam kekudusan yang satu kepada kekudusan yang berikutnya.


1. Rempah-rempah pilihan
Yohanes 15:16, kita adalah pilihan Tuhan, dan special bagi Dia. Ingat selalu hal ini    dalam hidup kita, sehingga kita mengerti bagaimana kita harus hidup, sebagai orang-orang pilihan-Nya.


2. Mur tetesan
Mur ini wangi, tapi pahit. Pahit adalah gambaran kehidupan kita yang siap menderita untuk Tuhan. Tahun ini adalah “The Year of Readiness”, perhatikan bagaiman cara kita hidup. Siap menderita dalam bahasa lainnya adalah apotnesko, menderita disini bukan karena dosa, tetapi karena hidup dalam kebenaran dan mengasihi Tuhan Yesus, namun dianiaya karena nama-Nya. Filipi 1:21, orang percaya mempunyai 2 misi dalam hidup :1. percaya Yesus, 2. siap menderita bagi Yesus. Jangan pernah menukar Yesus dengan apappun juga, siap untuk mengikut Tuhan, sangkal diri dan pikul salib setiap hari. Pengurapan membuat kita berani membayar harga.


3. Kayu manis yang harum
Kayu manis apabila dimasukkan dalam air dan dididihkan, kemudian diminum akan membuat tubuh kita hangat. Berbicara mengenai roh yang menyala-nyala bagi Tuhan. Kita harus memiliki semangatnya Tuhan = entheos = full of God (penuh dengan Tuhan) , berarti mempunyai daya juang yang tingg, dan tidak mudah menyerah.


4. Tebu yang baik
Pohon tebu baru dapat tumbuh dengan luar biasa apabila ditanam ditanah yang lembab dan berlumpur. Dapat tumbuh mencapai tinggi 4,5 meter apabila berada dalam lingkungan yang demikian. Berbicara mengenai kehidupan yang kokoh ditengah dosa. Orang yang melayani Tuhan dan tidak melayani Tuhan mempunyai kehidupan yang berbeda. Daud dapat membunuh Goliat, karena urapan. Orang yang diurapi paeti tampil beda. Oleh karena itu tidak ada kompromi dengan dosa, teruslah berjalan dalam kekudusan.


5. Kayu teja
Berbicara mengenai rendah hati, menyadari bahwa tanpa tuhan kita tidak dapat berbuat apa-apa. Sesuai dengan nilai-nilai di gereja lokal kita humility (rendah hati). Penundukan diri yang total kepada Raja kita, …”berdaulat atas hidupku, kuberserah penuh”. Seperti Tuhan Yesus ketika berada di taman Getsemani, berdoa dan mohon agar cawan dilalukan dari pada-Nya, walau penuh dengan kegentaran, tetapi penudukan diri-Nya luar biasa, menundukkan kehendak-Nya kepada kehendak Bapa.


6. Minyak zaitun
Setiap bagian dari pohon zaitun ini berguna untuk umat manusia. Demikian juga, setiap aspek kehidupan kita, harus selalu penuh dengan pengurapan, yang membuat kita mampu melakukan apa yang menjadi kehendak Allah, menyatakan Kerajaan Allah dimanapun kita ditempatkan dan memuliakan nama-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar