Teruslah berjalan dalam kebenaran walau itu adalah penyebab kematianmu!!

Selasa, 10 April 2012

Sitra mencari cinta

Cerita ini mungkin pernah kalian alami. Ya, bener banget, ini kisah nyata dari seorang temen gue yang lagi mencari cinta. Langsung aja nih gue suguhkan ceritannya .... (Mohon maaf yang sebesar-besarnya untuk kesamaan penggunaan nama, tempat atau hal lainnya yang mengandung unsur sara, gue gag pernah bermaksud demikian.)

Suatu hari, plato bertanya pada gurunya, "apa itu cinta ? bagaimana saya menemukannya ? gurunya menjawab ada ladang gandum yang luas di depan sana. Berjalanlah kamu, tanpa boleh mundur kembali, kemudian ambil satu ranting saja. Jika kamu menemukan ranting yang kamu anggap paling menakjubkan, artinya kamu telah menemukan cinta".
Plato pun berjalan dan tidak seberapa lama, dia kembali dengan tangan kosong, tanpa membawa apapun.
Gurunya bertanya "mengapa kamu tidak membawa satu pun ranting ?" plato menjawab "aku hanya boleh membawa satu saja dan saat berjalan tidak boleh mundur kembali. Sebenarnya aku telah menemukan yang paling menekjubkan, tapi aku tak tahu apakah ada yang lebih menakjubkan lagi di depan sana, jadi tak kuambil ranting tersebut. Saat aku melanjutkan berjalan lebih jauh lagi, baru ku sadari bahwa ranting-ranting yang kutemukan kemudian tak sebagus ranting yang tadi, jadi tak kuambil sebatang pun pada akhirnya."
Gurunya kemudian menjawab “ jadi ya itulah cinta”
Huaaa... aaa... itu gue banget ... kata sitra dengan air mata menggenang membasahi pelupuk matanya, begitu Enya , sahabat karibnya, membacakan kisah sang filsuf terkenal.
“elo sih suka pilih-pilih cowok. Makanya sampai sekarang elo jomblo abis ...”
“trus gue harus gimana, Nya ?” tanya sitra sesenggukan.
“gue juga bingung”
“bantu gue mikir, Nya. Minggu depan ultah sweet seventeen gue. Gue pengen ngasih suapan pertama blackforest gue ke cowok gue. Masak dari tahun ke tahun buat elo, sahabat gue ? ntar dikira kita les piano ....”
“ hi ... hi ... bener juga ya ? sebelum ada tuduhan yang bukan-bukan musti kita antisipasi ....”
“jadi gue mesti gimana, dong ?”
“ubah pola pikir elo tentang cowok yang sempurna. Nggak ada di dunia ini deh, Nem ...”
“tapi kalo ternyata gue nemuin si cowok sempurnya gimana, Nya ?”
“ya, syukur, Nem ... !”
“ ya udah. Gue sekarang nggak kasih kriteria kalo cowok gue mesti cakep, keren, tajir, pinter, musti ... musti ... musti ... gue delete, deh ...” kata sitra.
“bagus. Jadi mulai sekarang lo belajar bagaimana nerima cowok yang nggak sempurna sebagai yayang lo. Siap ?”
“siap. Mulai besok gue mau nerima siapapun dia yang dateng ...”
“aduh, nggak gitu juga, dong !” kata Enya sebel.
“trus gimana, dong ? ini salah, itu salah.”
“sit, tetep pikirkan bibit-bebet-bobot, dong!”
Sitra manggut-manggut sendiri.
“tapi Nya, gue mau bilang sama lo sebagai bukti gue akan coba gak pilih-pilih cowok. Cowok manapun yang dalam minggu ini mo nyatain cinta sama gue, akan gue terima!”
“ih, gila lo! Kalo mang odon tukang bakso ngedenger satau dapet bocoran janji lo, trus dia nyatain cinta sama lo gimana ?”
“yeee, kalo itu sih pasti gue tolak. Langsung gue jodohin ke elo !”
“enak aja!”
Ganti sitra yang ngikik.
“sit, sebaiknya gag usah gitu. Kalo lo mau, lo bisa seleksi cowok yang akan jadi pendaping elo di ultah sweet seventeen dengan sayembara ?”
“halah! Gue putri kerajaan Inggris apa ?”
Udah gitu aja! Tapi sayembara yang lo adain bukan memanah, berkuda atau main pedang!”
“trus?”
“kita bikin cara baru yang oke !”
“misalnya ?”
“bikin tebak-tebakan aja ! bagi cowok yang bisa bener menjawab tebakan elo, dia berarti cerdas. Pantes jadi cowok elo ....”
“yee ... kayak acara tv jadul aja pake cerdas cermat ?”
“ eh, lo janggan bikin tebakan yang berat-berat. Yang ringan dan yang lucu aja. Gimana ? nanti gue yang siapin materi soalnya. Pokoknya kalau cowok itu bisa jawab dengan bener lima pertanyaan yang kita buat, dia lolos jadi yayang lo. Gimana ?” kata Enya.
Sitra akhirnya pasrah dan ngangguk-angguk setuju.


Dan bener
Beberapa saat kemudian saat sitra ke toko buku, tiba-tiba bahu sitra ditepuk dari belakang.
Wisnu !
Ya, wisnu sahabat smp-nya nampak berdiri di belakangnya.
Tapi bukan wisnu yang jadi masalah.
Yang jadi masalah adalah cowok yang datang bersama wisnu !
Yang berdiri di samping wisnu
Yang tampangnya bintang basket banget.
Yang badanya keren banget.
Yang senyumnya aduhai naget.
“wisnu !!!”
“sitra !”
“pa kabar, sit ?”
“gue baik !”
“eh, kenalin, ini sobat gue, putra !”
Cowok cakep itu mengulurkan tangannya pada Sitra.
Sitra membalas uluran tangan cowok keren itu dengan jantung berdebar. Dag dig dug abis pokoknya.
Sitra lebih banyak menunduk saat berjabat tangan dengan putra. Ia tahu, Putra sebenarnya curi-curi pandang padanya ...
“ sit, putra mau pedekate sama elo, bolehkan ?” kata wisnu.
“boleh ...” kata sitra sok jaim
“ya udah, gue kasih nomer telpon lo, ya ?”
Boleh ...” jawab sitra lagi, kembali jaim.
Dan bener.
Keesokan harinya, minggu pagi telepon sitra berdering. Dan ternyata Putra yang menelpon.
“ya, ada yang bisa gue bantu ?” jawab sitra.
“duh, sit. Kok kayak 911 aja sih elo ? rileks dikit, dong ....”
“iya, ada apa ya, pu ?”
“gue mau nembak elo ... “
Hah !
Dubrak !!!
Sitra rasanya mau pingsan berdiri.
Nekat banget tu cowok.
“gimana, sit ? boleh ? masih ada kesempatan buat gue ?”
“boleh. Kalo lo mau, dateng ke rumah ya ? nanti sore jam 7 ...” kata sitra
“ ada apa, ya ? party ?”
“bukan, ibadah ... hi hi hi ...” sitra ngikik sendiri.
“oke, gue dateng. Dress code ?” tanya putra.
“pakaian adat ...”
Entah !
Walau baru pertama kali menelpon tiba-tiba sitra udah ngerasa sangat dekat dengan putra.
Ternyata putra ngocol abis orangnya.
Dan on time !
Sebab begitu jam 7 teng putra udah nongol di depan rumah sitra.
Tapi gag pake pakaian adat. Pake jeans biru dan polo shirt warna putih. Makin membuat keren penampilannya.
“siap ibadah ?” goda sitra
“siap ... “
“ hi hi hi ... enggak, kok ... “
Setelah duduk, sitra menatap putra.
“put ? bener kata lo tadi, lo mau nembak gue ?”
“iya.masih ada kesempatan kan ?”
“masih. Masih. “
“tapi gue ada syarat. Lo musti bisa jawab lima pertanyaan gue !”
“hah ! gue dites ?”
“iya, tapi teka-teki doang, kok ...”
Putra menarik nafas lega.
“siap ?”
“always ....”
Sitra tersenyum.
“pertanyaan pertama. Apa fungsi ekor monyet ?” tanya sitra to the point.
“gampang. Untuk menghitungkan ? 1 ekor monyet, 2 ekor monyet, 3 ekor monyet ...” bener ?” tanya putra.
Sitra bengong.
Soalnya jawaban putra bener banget.
“oke, pertanyaan kedua. Tapi maaf ya ? gue nggak bermaksud jorok ...” kata sitra. Putra tersenyum.
“tergantung niat. Gak pa-pa kok ...”
“apa bedanya celana kolor sama balon gas ?” putra tersenyum
“kalo kasih tebakan yang susah dikit dong ...”
“emang lo tahu jawabannya ?”
“tahu. Kalo tali celana kolor dilepas, melortnya ke bawah. Kalo tali balon gas dilepas, perginya ke atas. Astaga, Sitra .... ayo tebakannya yang agak susah !” kata putra.
“pertanyaan ketiga, kenapa air hujan turunny6a ke bawah ?”
“ kalo ke atas air mancur, dong ...”
“Good !”
“gue ...”
“keempat, kenapa batman pake topeng kemana-mana ?”
“malu kali underwearnya kelihatan ...”
“brilliant !”
“putra ...”
“yang terakhir, kenapa di dalam bajaj nggak ada nyamuk ?”
“karena nyamuk di sini cuma takut tiga roda ...”
Sitra nyerah.
Lima teka-tekinya cepet banget dijawab oleh putra.
Sesuai komitmen, Sitra resmi jadian sama Putra.


“gimana sit ? lo hepi jadian sama putra ?” tanya Enya.
“hepi, Nya. Hepi banget ... gue nggak nyangka penantian gue selama ini akan cowok datengnya cuman sekejap ...”
“itulah, Nem .. cari soulmate itu gampang, kok. Asal nggak usah pilih-pilih ... “kata enya.
“iye, iye. Gue nyesel kenapa trik lo ini nggak dari dulu-dulu ...”
“abis gue udah keburu sebel ngeliat elo gak dapet-dapet cowok... makanya gue cari jalan pintas. Pinter kan gue ?”
“sangat. Makasih ya, Nya ?”
“iya, Inem ...”
Dan kini, sejak itu sitra udah nggak sendiri lagi.
Putra yang seru dan keren selalu nemenin dan mengisis hari-harinya.
Hingga suatu saat, tiba-tiba hape putra ketinggalan di rumah sitra. Tadi putra uru-buru mau latihan basket abis nganter sitra.
“halo, sit ? hp gue ketinggalan ya “
“iya, put. Lo sih buru-buru ...”
“nggak pa-pa. Nanti abis basket gue ambil ke rumah lo ...”
“okey honey ...”
“eh tunggu ! boleh minta tolong ?”
“apaan ?”
“liatin di inbox gue, ada sms dari wisnu. Buka aja, liatin alamat tempat latihan basket sore ini. Gue di wartel ni ...”
“oke, tunggu ya ?”
Sitra berlari mengambil hp Putra.
Ia membuka inbox sms.
Aneh. Sitra kaget. Selain wisnu ada beberapa sms dari enya buat putra ! lho, setahu sitra, enya nggak kenal sama putra!
Tapi sitra buru-buru membuka sms dari wisnu.
Ketemu.
“halo put, ini dia alamatnya *****” sitra dengan perasaan berkecamuk membacakan alamat yang diminta putra.
“oke, sit. Thanks. I love u ...”
Sitra mengangguk.
Pertanyaan itu begitu kuat membara di hati sitra. Ada apa antara enya dan putra ?
Rasanya sitra ingin membuka sms dari enya yang ada di hp putra. Tapi ada dilema dalam hati sitra.
Membuka sms dan membaca sms milik orang lain itu termasuk perbuatan dosa. Karena nggak ada ijin. Apa bedanya dengan mencuri ?
Yang jelas, sitra jadi curiga luar biasa.
Ia jadi males ketemu putra maupun enya, karena yakin ada apa-apa di antara keduanya.
“ada apa sih, sit ? apa salah gue ?” kata putra beberapa hari setelah sitra menghindar terus dari putra.
Sitra terdiam.
Pikirannya terlalu berat dan sesak.
Ia takut, takut akan banyak hal.
Misalnya, ternyata putra diam-diam ngelaba sama enya, sahabat dekatnya sendiri.
“please, sitra. Jangan bikin gue bingung...”
Sitra masih terdiam.
“jujur, put !”
“gue akan selalu jujur ...”
“bagus ...”
“mamang ...”
“putra! Gue belum selesai ngomong !”
“maaf ...”
“ada hubungan apa antara lo dengan enya ?” kata sitra pedas.
Putra menepuk jidatnya.
“mati gue ...”
“kenapa ? lo takut jujur ? lo takut gue marah ???”
“bukan itu ! takut ketahuan belang gue!”
“iyakan? Lo selingkuh sama sobat gue sendiri! Lo tega, putraaaa !!!!” dengan emosi yang tak tertahankan sitra pun menangis hebat.
“sabar, sit ... akan gue jelasin!”
“apa! Jujur deh, putra!”
Putra garuk-garuk kepala. Lucu banget.
“sit, demi Tuhan. Enya itu keponakan gue. Dia anak kakak gue. Nah, suatu hari, gue liat foto lo di hp enya. Gue langsung jatuh hati sama lo. Setelah gue selidiki, lo temen smp wisnu, sobat gue. Nah, kata wisnu dan enya lo paling pilih-pilih cowok. Gue minder kalo lo tolak. Akhirnya enya ngajarin lo bikin tebakan untuk memilih cowok yang akan jadian sama lo. Yang bikin tebakan itu gue. Makanya gue cepet banget jawabnya ...” kata putra sambil cengengesan.
Sitra bengong.
“putraaaa!!!” dengan gemas sitra mencubit putra sampai putra kesakitan.
“ampun! Ampun sitra! Ampuni gue!!!”
“yang maha pengampun hanya Tuhan!”
“kalo gitu maafin gue!!!”
Tapi sitra gak peduli.
Ia tetap melancarkan aksi cubit sana-sini pipi putra. Sambil dalam hati berkata: “putra, putra. Kalo buat elo, gue akan langsung terima, deh ! kagak perlu pake tebak-tebakan segala buat ngetes!!!.


KIM_The end_KIM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar